Kolom Pemikiran Indonesia Mendidik: Harapan Baru Dunia Pendidikan

 By :  Fitria Irmalasari ( Sekretaris Umum HMI Korkom UI 2016-2017)

Lahirnya komunitas Indonesia Mendidik membawa secercah harapan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Tepat satu tahun yang lalu, dengan berbekal niat mulia dan membawa visi dan misi dalam meneguhkan pendidikan di Indonesia, komunitas Indonesia mendidik hadir di tengah kita.

Berbicara pendidikan merupakan persoalan jangka panjang yang harus terus kita perjuangkan demi kondisi yang lebih baik. Persoalan yang selalu hadir, seperti halnya disintegrasi pendidikan; minimnya fasilitas, buruknya sistem, persoalan pendidikan karakter, dan akses yang sulit bagi anak didik selalu menghantui dunia pendidikan kita. Bukan saja persoalan bagi anak didik, bahkan fasilitator seperti guru/dosen yang kurang kompeten pun masih menjadi isu hangat. Atas dasar itulah, Indonesia Mendidik hadir di masyarakat, setidaknya mengupayakan berbagai perbaikan secara konkret dalam sektor pendidikan.

Sampai kapan pun, pendidikan akan selalu menjadi isu yang esensial bagi peningkatan kualitas berbangsa dan bernegara. Bahkan Nelson Mandela pun menyatakan persetujuannya bahwa “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”. Hal ini secara eksplisit dapat dimaknai bahwa melalui pendidikan, kita dapat menaklukkan dunia dan sikap optimisme terhadap kemajuan pendidikan harus kita bangun.

Hak memperoleh pendidikan adalah hak bagi kita semua, maka dari itu kami mendorong kepada pihak yang berperan agar terus mengupayakan pemerataan pendidikan bagi semua kalangan dan agar segera mengatasi disintegrasi pendidikan bagi putra/putri bangsa.

Sekali lagi, komunitas Indonesia Mendidik mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kaum muda untuk ikut serta bergerak memperhatikan pendidikan di lingkungan sekitar kita demi mewujudkan generasi emas bangsa.

Selamat Dies Natalis ke- 1 tahun Indonesia Mendidik, Teguhkan Khittah Perjuangan dan Wujudkan Cita-Cita Anak Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *