HMI Korkom UI kunjungi upacara wisuda kader-kader HMI se-UI

HMI Korkom UI kunjungi wisuda kader HMI UI
HMI Korkom UI berfoto bersama setelah upacara Wisuda beberapa Kader HMI UI, di depan Gedung Rektorat UI Depok (26/08)

Depok, Indonesia  –  Rentang tanggal 25 dan 26 Agustus 2017 adalah hari-hari bahagia bagi segenap keluarga besar HMI UI. Hal ini dikarenakan setidaknya 30 kader HMI Universitas Indonesia menjalani upacara wisuda untuk program diploma dan sarjana pada tanggal tersebut.

Untuk menyambut momen berbahagia ini, HMI Koordinator Komisariat Universitas Indonesia, selaku lembaga eksekutif HMI di Universitas Indonesia, mengadakan kunjungan wisuda pada kedua tanggal tersebut.

“Hari ini merupakan hari yang berbahagia untuk HMI. Kader-kader yang berkontribusi besar terhadap perkembangan HMI lulus pada tahun ini. Karena itulah kami merasa perlu untuk ikut hadir pada upacara wisuda mereka,“ tutur Irsyad Mohammad, selaku Sekertaris Umum HMI Korkom UI  yang juga merangkap sebagai koordinator lapangan pada acara kunjungan kemarin di depan Gedung Rektorat UI (25/08).

Kunjungan wisuda ini, Irsyad menambahkan, merupakan bentuk apresiasi terhadap seluruh kader HMI UI yang telah menyisakan waktu, pikiran, dan tenaga untuk ikut serta membangun HMI menjadi organisasi mahasiswa yang lebih baik. “Saya rasa sudah sepantasnya kami (HMI Korkom UI) hadir dalam acara wisuda tersebut. Ini juga bentuk apresiasi terhadap mereka.”

Selain menjadi bentuk apresiasi terhadap kader-kader HMI se-UI, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara kader-kader junior dengan kader-kader senior. Novi, mahasiswa PNJ angkatan 2015 yang baru bergabung tahun lalu dengan HMI, sebagai contoh, memiliki kesempatan untuk mengenal HMI UI lebih jauh dengan berbincang dengan kader-kader senior yang telah menjadi wisudawan.

Pada hari itu, beberapa kader dari HMI Korkom UI datang membawa bunga dan panji kepada para wisudawan. Bunga melambangkan penghargaan terhadap keberhasilan rekan-rekan menjalani perkuliahan hingga mampu mencapai gelar akademik masing-masing, sedangkan panji untuk meneguhkan identitas HMI kepada masing-masing kader. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama beberapa kader secara acak. Sayang, pada hari itu hanya sebagian kader yang memiliki waktu untuk berfoto bersama.

Di sela-sela waktu berfoto bersama, diskusi dengan kawan-kawan dekat selama bergiat di HMI pun tidak terelakkan, sayangnya sebagian dari kader yang telah menjalani prosesi wisuda harus menemani keluarga masing-masing sehingga tidak bisa berdiskusi lebih lanjut.

Di samping itu, pada dua hari itu juga lima ketua Umum dan mantan ketua umum Komisariat-komisariat HMI se-UI juga mengikuti wisuda. Mereka adalah Ali Ridho Al-Haddad (FIB UI 2013) dari Komisariat FIB UI, Zhafir Naufal Alif (FT UI 2013) dari Komisariat Saintek UI, Muhammad Fitranto Ismail (FH UI 2013) dari Komisariat FH UI, Dwi Agus Setiawan (FIK UI 2013) dari Komisariat RIK UI, dan Ghozali Imaduddin (FEB UI 2013) dari Komisariat FEB UI. Di luar nama-nama tersebut, masih terdapat puluhan kader HMI lain yang menjalani upacara wisuda dari sepenjuru fakultas di UI pada dua hari yang sama. Jumlah wisudawan ini pun belum ditambah dengan dengan kader-kader lain dari HMI Komisariat PNJ yang juga berdiri di bawah payung HMI Korkom UI yang akan ikut melaksanakan wisuda pada bulan Oktober nanti.

Prosesi Wisuda Universitas Indonesia diselenggarakan pada 25 dan 26 Agustus 2017 di Balairung Universitas Indonesia, Depok. Hari pertama wisuda diperuntukkan kepada wisudawan dari Program Sarjana Kelas Reguler dan Internasional. Sedangkan, hari kedua diperuntukkan kepada wisudawan Program Pascasarjana, Sarjana Kelas Paralel, Ekstensi, dan Vokasi.

Meskipun tidak diwajibkan, wisuda merupakan satu fase penting dalam kehidupan mahasiswa. Wisuda adalah satu momen yang menandakan bahwa seorang mahasiswa telah siap untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. Sebagai minoritas dalam masyarakat Indonesia, mereka yang telah menempuh pendidikan tinggi diharapkan mampu mengembangkan bangsa dan negara seturut dengan janji yang telah mereka buat ketika melafalkan Tridharma Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, kami mengucapkan selamat menempuh perjalanan baru kepada seluruh wisudawan Universitas Indonesia! Semoga sukses bergiat membangun bangsa dan negara! Salam YAKUSA!

Teks: Amru Sebayang

Editor: Amru Sebayang

2 thoughts on “HMI Korkom UI kunjungi upacara wisuda kader-kader HMI se-UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *